Semoga bermanfaat bagi kita, semua, tetap dlm iman kepercayaan kita sbg anggota GMAHK. Tuhan memberkati.
Penjelasan Pdt. Jonathan Kuntaraf Sehubungan dengan Trinitas vs. God Head
Banyak sekali pembahasan dari WA ini dan saya tidak sanggup membacanya. Hanya semalam sudah sekitar 920 WA, kemudian pagi ini saya lihat sudah lebih dari 1610. Luar biasa! Saya jadi kagum akan semangat yang ada. Kalau saja semangat itu digunakan untuk menginjil, wah lebih luar biasa. Tetapi kalau waktu itu digunakan hanya untuk berdebat dan mempertahankan pendapat, tidak ada hasilnya. Terus terang saya baca beberapa saja, namun, saya dapat mengerti permasalahannya; sebab ini bukan masalah baru. Sebab itu saya coba berikan gambaran secara umum; supaya semua pihak dapat mengerti; dan jangan terpancing dengan hal yang menyimpang, walaupun merasa dipimpin Tuhan.
Saat kami berada di Konferensi General Conference di Utrecht tahun 1995, pada saat itu Fred Allaback mengdistribusikan risalah yang berjudul, "No New Leaders No New Gods” yang mengklaim bahwa GMAHK tidak meyakini akan doktrin trinitas sampai setelah kematian dari Ellen G. White. Para pionir Advent, beliau katakan, “percaya kepada satu mahluk hidup yang kekal. Kemudian mahluk illahi ini mempunyai Anak.” Dengan demikian Kristus mempunyai awal. Sehubungan dengan Roh Kudus, Allaback percaya bahwa Roh Kudus adalah Roh Tuhan dan Roh Kristus; dan bukanlah mahluk illahi yang lain. Ternyata pandangan yang sama juga dimiliki oleh Bill Stringfellow, Rachel Cory-Kuehl, and Allen Stump. Jadi semuanya mempercayai bahwa pernah suatu saat dimana Yesus tidak ada, dan Roh Kudus adalah kuasa; bukan pribadi.
Pengajaran ini menyebar di beberapa negara, dan ada seorang yang bernama RT yang membawanya ke Indonesia. RT semula mengikuti ajaran Jeff Pappinger, seorang offshoot. yang mengajarkan ajaran William Miller, tentang 2520; yang semula sangat semangat untuk “kebangunan rohani,” namun setelah kehilangan pengikut sebab ajarannya tidak sesuai dengan interpretasi Alkitab dan Roh Nubuat yang benar; serta beberapa mantan pengikutnya mengatakan adanya UUD (Ujung-ujungnya Duit) dalam pelayanannya. Nah sementara pengajaran yang lain dengan penggunaan kutipan Mrs White yang out of context, mudah untuk ditanggal hingga tidak tumbuh subur; maka melalui doktrin Roh Kudus bukan sebagai pribadi, yang mulai diajarkan oleh Allaback tersebut, nampaknya mendapatkan banyak sambutan dikalangan orang muda; dan terlihat dari WA grup ini; sebab itu dirasa perlu untuk kami memberikan penjelasan secara lebih meluas agar jangan sampai lebih banyak orang yang disesatkan.
Nah beberapa point yang saya ingin sampaikan adalah sebagai berikut:
1. Tuhan adalah satu rahasia, apalagi trinitas atau ke Allahan adalah suatu rahasia; dan semua keyakinan dapat dipertanyakan. Masalah ini sudah mulai sejak jaman Arius vs Athanasius pada abad yang ke 4. Jadi apakah saudara2 mau menyelesaikannya? Ini adalah bahan tertawaan. Doktrin bahwa Roh Kudus itu adalah hanya Roh Kristus dan tidak punya pribadipun mempunyai banyak kelemahan; bahkan lebih banyak masalahnya. Saudara yang meyakini ini punya masalah dalam penjelasannya, dan saya lihat hanyalah sekedar “self justification.” Kalau saya mempelajari Perjanjian Lama dan dan Perjanjian Baru; maka saya melihat konsep trinitas adalah hal yang lebih dapat diterima. Untuk itu nanti kita dapat perdalam; dan lihat kembali dengan jelas.
2. Apakah benar, para pionir tidak percaya kepada trinitas? Jawabnya sebagian benar, tergantung kepada latar belakang mereka sendiri. Misalnya William Miller sendiri adalah seorang Baptist, dan dia percaya kepada trinitas. Tetapi Joshua V. Himes anti-trinitarian; dan hal ini diikuti oleh pionir Advent lainnya, termasuk Joseph Bates, James White, Uriah Smith dsb. Namun keyakinan tentang Yesuspun, mulai berubah pada masa James white masih hidup.
Bersambung!!!
Godhead, oleh Pdt Dr. Jonathan Kuntaraf (Sambungan)
Saya berikan contoh mengenai tulisan ET Jones, dengan jelas, One God, One Jesus, One Holy Spirit, dan seorang mengatakan itu berbicara tentang persatuan. Ya, sama seperti doa Jesus, Yohanes 17: bicara soal persatuan, Hendaklah mereka menjadi satu, sama seperti engkau dan aku satu adalah; ya berbicara persatuan, tetapi menunjukkan kesatuan antara Allah Bapa dan Anak bukan?
3. Doktrin GMAHK itu berkembang. Sama seperi doktrin Sabat, dari mata hari terbenam ke matahari terbenam, atau doktrin penatalayanan; itu menunjukkan adanya pengembangan doktrin. Nah sehubungan dengan doktrin Trinitas; kita lihat:
- Sebelum tahun 1890: anti-trinitarian, bahkan anti kehadiran Yesus dari jaman kekekalan. Dengan demikian anti keillahian Yesus dan Roh Kudus. Ini sama dengan kelompok Arian, atau sama seperti ajaran Saksi Jehavoh sekarang ini.
- Akhir 1890- sudah mulai menerima Yesus sebagai Tuhan, dan Pencipta; dari jaman kekekalan.
- 1890-1900, Masuknya paham Trinitas dalam GMAHK
Satu sumber mengatakan, "A. T. Jones was among the first (with the significant exception of Ellen White) to suggest that Christ was eternally pre-existent. Jones emphasized Colossians 2:9 and the idea that in Christ was the “fullness of the Godhead bodily.” He also described Christ as “the eternal Word.” Though he avoided the word “Trinity,” in 1899 he wrote: “God is one. Jesus Christ is one. The Holy Spirit is one. And these three are one: there is no dissent nor division among them.”
- Ellen White memegang peranan penting dalam memberikan konfirmasi tentang kekekalan dari keilahian Yesus dan adanya tiga oknum dalam Ketuhanan. Bahkan pada 1878, Ellen G. White telah menyebutkan Yesus sebagai the “eternal Son of God.” Dan di dalam Desire of Ages dia menuliskan: “[Christ] announced Himself to be the self-existent One” and “In Christ is life, original, unborrowed, underived.” Saya lihat kutipan ini telah diberikan. Dan berbicara tentang Roh Kudus, Mrs. White mengatakan, “Third Person of the Godhead.” Ellen White memegang peranan penting dalam mendorong gereja untuk meyakini posisi trinitas yang Alkitabiah, namun untuk bertahun-tahun sejak penulisan buku the Desire of Ages organisasi GMAHK masih menghindarkan penggunaan kata,”trinitas.”
- Sementara Mrs. White tidak menggunakan istilah “trinitas,” namun untuk berulang-ulang Mrs. White menyampaikan konsep trinitas. Misalnya kata “heavenly trio itu digunakan sedikitnya 5 kali dalam tulisannya. (Special Testimonies,Series B. No. 7 halaman 62, 63; Evangelism 615, In Heavenly Places, hal. 336, Bible Training School, 1 Maret, 1906, SpTB07 63.2). ,
- Banyak kutipan yang menyebutkan Roh Kudus adalah pribadi, kita lihat kutipan ini saat beliau berada di kampus Avondale College, “We need to realize that the Holy Spirit, who is as much a person as God is a person, is walking through these grounds.” evangelism hal. 616. Kita perlu menyadari bahwa Roh Kudus, sebagai pribadi sama seperti Tuhan itu adalah suatu pribadi, berjalan di atas tanah ini.” Apa lagi yang meragukan?
- Disamping itu Mrs. White menggunakan istilah “Godhead,” untuk 285 kali, seperti yang terdapat dalam Roma 1:20 dan Kolose 2:9. Melalui istilah “Godhead,” Mrs. White mengexpresikan terminologi “trinitas,” sebab ada three oknum dalam “Godhead.” Contohnya, "There are three living persons of the heavenly trio; in the name of these three great powers -- the Father, the Son, and the Holy Spirit -- those who receive Christ by living faith are baptized, and these powers will co-operate with the obedient subjects of heaven in their efforts to live the new life in Christ”Evangelism 616.
- Mengenai keyakinan bahwa Roh Kudus bukanlah person, ini bertentangan dengan apa yang Mrs. White sendiri sebutkan, "The Holy Spirit is a person, for He beareth witness with our spirits that we are the children of God. When this witness is borne, it carries with it its own evidence. At such times we believe and are sure that we are the children of God.... "{ Ev 616.6}
- Tanda dari person, adalah memiliki “personality” atau kepribadian, dan inilah yang Mrs. White katakan, "The Holy Spirit has a personality, else He could not bear witness to our spirits and with our spirits that we are the children of God. He must also be a divine person, else He could not search out the secrets which lie hidden in the mind of God. “For what man knoweth the things of a man, save the spirit of man which is in him? even so the things of God knoweth no man, but the Spirit of God.”—Manuscript 20, 1906.
- Roh Nubuat juga menyebutkan bagaimana kuasa kejahatan dapat dikalahkan kuasa Roh Kudus, sebagai oknum ketiga dari ke Allahan. Ini kutipannya. The Power of God in the Third Person—The prince of the power of evil can only be held in check by the power of God in the third person of the Godhead, the Holy Spirit.—Special Testimonies, Series A, No. 10, p. 37. (1897).
- Ini kutipan yang lain: In Co-operation With the Three Highest Powers—We are to co-operate with the three highest powers in heaven,—the Father, the Son, and the Holy Ghost,—and these powers will work through us, making us workers together with God.—Special Testimonies, Series B, No. 7, p. 51. (1905).
4. Salah satu perbincangan mengatakan bahwa GMAHK telah menyimpang dari doktrin pillar yang mula-mula. Apakah yang menjadi doktrin pilar yang disebutkan oleh Ellen G. White? "The Bible is within the reach of all, but few accept it as the guide of life. In the church many deny the pillars of the Christian faith. Creation, the fall of man, the atonement, and the law of God are rejected either wholly or in part. Thousands regard it as an evidence of weakness to place implicit confidence in the Bible." { HF 356.2 }. Dengan demikian Mrs. White berbicara mengenai doktrin pilar yaitu; Penciptaan, kejatuhan manusia, kaabah, hukum Tuhan/penurutan hukum yang sepenuhnya. Berdasarkan kutipan tersebut kita mempunyai doktrin pilar yang unique dibandingkan dengan gereja lain: Sabat, Kaabah, Pekabaran Tiga Malaikat, Umat yang sisa, Keadaan orang mati. Jadi kutipan yang dipakai tidak tepat dipakai untuk mengenai masalah trinitas.
5. Kita sebutkan diatas bahwa GMAHK mempunyai pengajaran yang berkembang; dan Roh Nubuat menolong kita untuk pengembangan doktrin tersebut. Kita bisa bahas satu persatu pengembangan doktrin tersebut, apakah soal Sabat, milenium, makanan, persepuluhan dsb. Dan soal trinitas juga adanya pengembangan. Pada awal pekabaran Advent, pandangan pionir mengenai keilahian Yesuspun berbeda antara tahun 1844-1872, dengan 1876-1900. Kemudian mengenai keillahian Roh Kudus juga adanya pengembangan. Ellen G. White lah yang coba mengpromosikan mengenai heavenly trio yang terdiri dari tiga oknum; namun banyak pionir waktu Mrs. White pun segan mengungkapkannya. Diperlukan waktu yang lama bagi para pionir untuk mengikuti apa yang Ellen G. White katakan. Sama seperti masalah Kebenaran oleh Iman yang dikabarkan tahun 1888. Begitu banyak pionir yang sukar untuk mengerti bahkan sebagian terus terang menolak. Diperlukan puluhan tahun baru orang dapat mengerti. Demikian juga dengan Doktrin trinitas yang akhirnya diterima oleh General Conference. Namun kembali, ini tidak bertentangan dengan tulisan E.G White, sebab Ellen G. White telah memberikan konsepnya.
6. Konsep trinitas kita dapatkan dalam Alkitab Perjanjian Lama dan Baru. Saya akan sangat senang untuk untuk memberikan seminar akan hal ini bila ada kesempatan. salah satu yang sangat nyata adalah pada saat baptisan Yesus, Ada suara Allah Bapa, “Inilah AnakKu yang Kukasihi kepadaNyalah Aku berkenan," dan nampak Roh Kudus datang dalam bentuk burung merpati, (Matius 3:16, 17). kita lihat tiga oknum yang berada pada tempat yang sama.
7. Apakah General Conference mempunyai hak untuk menerima usul untuk pengembangan doktrin dan masuk dalam Fundamental Beliefs? Kita harus ingat bahwa tulisan Mrs. White sebagai berikut: EG White: Counsels for the Churches, h. 241: ”GOD has bestowed the highest power under heaven upon His church. It is the voice of God in His united people in church capacity which is to be respected.”
“ALLAH telah mencurahkan kuasa tertinggi di bawah langit ke atas gerejaNya. Itulah suara ALLAH di dalam umatNya yang dipersatukan di dalam kapasitas gereja yang harus dihormati.” Kita melihat bahwa Tuhan memberikan kuasa kepada gerejaNya dengan perwakilan dari seluruh dunia; dimana suara Tuhan dapat di dengar. Itulah yang telah terjadi dengan pengembangan doktrin atau keputusan apapun yang dibuat setiap 5 tahun sekali. Dan untuk doktrin Trinitas masuk dalam Fundamental Beliefs pada tahun 1931. Namun secara konsep telah ditunjukkan oleh Mrs. White sejak akhir 1890-an.
8. Organasi Gereja memang mendapatkan banyak tantangan. Kalau seandainya Anda punya pendapat lain daripada yang menjadi keyakinan gereja MAHK, apakah dapat dibenarkan? Inilah yang Roh Nubuat katakan:
EG White: Counsels for the Churches, h. 241: “The Word of God does not give license for one man to set up his judgment in opposition to the judgment of the Church, neither is he allowed to urge his opinions against the opinions of the Church.”
“Firman ALLAH tidak memberi ijin bagi seorang manusia untuk menetapkan pertimbangannya berlawanan dengan pertimbangan gereja itu, ia juga tidak diijinkan untuk mendesakkan opininya menentang opini gereja itu.”
EG White: Counsels for the Churches, h. 241:“There have ever been individuals of independent minds who have claimed that they were right, that God had especially taught, impressed, and led them.”
“Ada individu-individu dengan pikiran-pikiran independent yang menyatakan bahwa mereka benar, bahwa ALLAH telah secara khusus mengajar, mempengaruhi, dan menuntun mereka.”
EG White telah melihat apa yang terjadi dengan berbagai tantangan; semoga itu tidak berlaku dengan saudara-saudara yang merasa diri benar, merasa dipimpin Tuhan, namun menyimpang dari ajaran gereja yang sesuai dengan Alkitab dan Roh Nubuat. Sebab itu, marilah melihat apa yang tertulis oleh Alkitab dan Roh Nubuat, dan jangan coba mempunyai interpretasi pribadi. Kalau untuk gereja sendiri, bagaimanapun tergoncangkan; gereja akan tetap bertahan. Inilah yang Roh Nubuat katakan:
I am encouraged and blessed when I realize that God of Israel will lead His people, even until the end of the end. -2SM 406 (1913). Suatu janji yang menghibur kita, Tuhan orang Israel masih memimpin umatNya, bahkan sampai kesudahan.
Saya harus minta maaf oleh sebab saya tidak sempat baca WA yang masuk, saya lihat ada lebih dari 1600 postingan di grup ini. Saya tidak senang untuk berdebat. Tugas saya adalah menyampaikan pekabaran. Jadi kalau ada yang mau tanya, boleh tanyakan melalui japri dan saya bisa balas melalui wa grup ini. Tetapi kalau harus baca satu persatu postingan yang masuk; wah sorry; saya tidak mau masalah ini akan mengambil waktu saya dengan Tuhan; waktu exercise, atau waktu untuk pelayanan.
Tuhan memberkati
Jonathan Kuntaraf
===================
Tidak ada komentar:
Posting Komentar