Sabtu, 25 November 2017

Renungan Pagi : Dalam Yesus Kristus

Renungan Pagi :

"Dalam Yesus Kristus"

Syalom..selamat pagi saudaraku yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus...

Subuhhari ini  (Minggu ,26/11/2017)saya terbangun sekitar pukul 04.00 wib.Seperti biasa 'berdoa' dan menyelesaikan bacaan Alkitab tahunan (Follow the Bible) 2 Korintus 2 pasal 1,2,3, dan 4.

Setelah itu belajar Firman Tuhan  Keselamatan Oleh Iman Saja KITAB ROMA (pelajaran  ke-9 Sekolah Sabat  berjudul "Tidak Ada Penghukuman pada halaman 102, Minggu 26/11/2017).

Pada pelajaran (SS) hari Minggu (26/11/2017) berjudul  "Dalam Yesus Kristus" (Roma 8:1) ada point-point penting yang perlu dicatat yakni ;

1) Di dalam Kristus Yesus artinya kita telah menerima Kristus sebagai juruselamat

2) Di dalam Kristus Yesus kita memutuskan untuk mengikuti jalan kehidupan Kristus, hasilnya adalah 'persekutuan yang erat' dengan Kristus.

3) Di dalam Kristus Yesus selalu bertolak belakang dengan di dalam daging.Sebab hidup di dalam daging berada di dalam penghukuman sebelum kita menyerahkan diri kepada Kristus.Artinya, adalah kita tetap jadi 'hamba dosa', sehingga kita berada di dalam 'hukuman mati' (Roma 7 : 11,13,24).

Khusus penjelasan mengenai DOSA yaitu dosa telah menipu kita, dosa telah membunuh kita (Roma 7:11).Bahkan dosa telah mendatangkan kematian (Roma 7:13) , sehingga rasul Paulus berkata; siapa yang dapat melepas kita dari tubuh maut (Roma 7:24).

Anggota-anggota tubuh kita telah menjadi 'tawanan dosa' (Roma 7:23), namun kita bersyukur ada Yesus Kristus (Roma 7:25).

Bagaimana sekarang  kita bisa 'bebas' dan 'merdeka' dari perhambaan dosa?? Menurut Rasul Paulus hanya bila kita  hidup dalam Roh dan  dalam Kristus Yesus  (bukan dalam daging) seperti tertulis dalam Roma 8:2 " Roh yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut"

Sehingga rencana Kristus untuk keselamatan umat manusia sangat jauh berbeda dengan 'hukum dosa dan hukum maut' yang telah diterangkan dalam Roma pasal 7 sebagai hukum dimana dosa memerintah akhirnya adalah kematian.Gantinya 'hukum Kristus'  membawa kehidupan dan kebebasan.

"Setiap jiwa yang enggan menyerahkan dirinya kepada Allah adalah di bawah pengendalian kuasa yang lain.Ia bukan milikNya sendiri.Ia mungkin berbicara tentang kemerdekaan,tetapi ia berada dalam perhambaan yang paling hina..Meskipun ia memuji dirinya bahwa ia sedang mengikuti bisikan kalbu dari pertimbangannya sendiri , namun ia menaati kehendak putra kegelapan ..Kristus datang untuk memutuskan belenggu perhambaan dosa dari jiwa"--Ellen G.White, Alfa dan Omega jilid 6 hlm 80.

Pertanyaan sekarang-bagi saya dan saudara- apakah anda seorang hamba, atau apakah anda bebas di dalam Kristus Yesus? Bagaimanakah anda dapat mengetahuinya dengan pasti?

Terima kasih.Tuhan Yesus memberkati.🙏🏼🙏🏼🙏🏼

Evg.Lasman Simanjuntak-Pamulang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar