Minggu, 02 September 2018

Renungan Hari Ini

Renungan Revive, 3 September 2018

CERMIN ORANG PERCAYA

BACA : Yakobus 1:21-25

Sebab jika seorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin.
Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya. (Yakobus 1:23-24)

RENUNGAN INSPIRASI
Seberapa sering Anda melihat diri Anda pada cermin, dua atau tiga kali dalam sehari? Menurut sebuah penelitian, umumnya orang bercermin 8-10 kali dalam sehari. Sedangkan sebuah survei lain menyatakan orang bisa bercermin hingga 60-70 kali sehari, itu termasuk lirikan sekilas untuk melihat bayangan di cermin toko dan di layar kamera handphone. Kebanyakan orang bercermin dengan tujuan untuk memeriksa penampilannya, baik itu sebelum pergi keluar rumah atau saat ingin menghadiri sebuah pertemuan penting. Bahkan ada yang menghabiskan waktu cukup lama di depan cermin untuk memastikan dirinya terlihat rapi dan menarik.
Bicara tentang cermin sebagai alat untuk memeriksa penampilan seseorang, orang percaya juga memiliki firman Tuhan sebagai cermin atas kehidupan rohaninya. Firman menunjukkan hal-hal apa saja yang tidak berkenan di hati Tuhan dan kebiasaan dosa apa yang masih melekat dalam hidup kita. Firman-Nya menolong kita agar senantiasa hidup selaras dengan kehendak-Nya. Ketika seseorang mendapati ada kotoran/noda di wajahnya saat bercermin, tentu ia akan segera membersihkan wajahnya. Demikian pula saat kita bercermin pada Firman Tuhan, tentu kita seharusnya juga membersihkan noda dosa yang nampak pada diri kita. Ada kalanya Firman Tuhan berbicara dengan jelas untuk menunjukkan dosa kita yang selama ini tidak diketahui orang lain atau kebiasaan-kebiasaan yang selama ini menghalangi janji Tuhan untuk dapat digenapi di dalam hidup kita. Saat Firman Tuhan menunjukkan hal-hal tersebut, sudah seharusnya kita belajar taat untuk membereskan dan meninggalkan semua itu. Tuhan berjanji bila kita mau datang untuk mengakui dosa-dosa kita, maka Dia akan mengampuni dosa-dosa kita dan membersihkan kita dari segala kesalahan yang pernah kita lakukan. Hal ini ditegaskan dalam firman-Nya, “Tetapi kalau kita mengakui dosa-dosa kita kepada Allah, Ia akan menepati janji-Nya dan melakukan apa yang adil. Ia akan mengampuni dosa-dosa kita dan membersihkan kita dari segala perbuatan kita yang salah” (1 Yohanes 1:9 BIS). Mulai hari ini, rajin-rajinlah bercermin pada Firman Tuhan. Buka hati Anda dan izinkan firman-Nya mengubah hidup Anda. (FD)

REFLEKSI DIRI
1. Seberapa seringkah Anda “bercermin” pada Firman Tuhan? Apakah Anda sudah menaati segala perintah-Nya? 
2. Apa janji Tuhan bila Anda rajin memeriksakan diri Anda pada firman Tuhan dan melakukan perintah-Nya?

D O A
Bapa di sorga, berikanlah aku hikmat dan bimbinglah aku saat membaca firman-Mu agar aku dapat mengerti apa yang hendak Kau sampaikan padaku. Jamahlah hatiku agar aku peka terhadap suara-Mu dan berilah aku hati yang mau taat pada-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Buatlah komitmen untuk membangun kebiasaan untuk membaca dan merenungkan Firman Tuhan, serta untuk menundukkan diri Anda pada-Nya.

HIKMAT HARI INI
Kehidupan yang diberkati Tuhan dimulai dengan menatap ke dalam firman Tuhan, merenungkan dan melakukan firman itu siang dan malam. - Rick Warren

Tidak ada komentar:

Posting Komentar