Minggu, 16 Desember 2018

Pdt.AH.Marbun : Jangan Pernah Melawan Pendeta/Gembala, Berarti Kita Melawan Tuhan !


Salemba, BeritaRayaOnline,- "Jangan pernah mengolok-ngolok utusan Tuhan.Tuhan akan jadi lawan kita.Orang-orang yang merongrong organisasi.Orang-orang yang menghina utusan Tuhan seperti pendeta atau gembala, biasanya 'roh' kerohaniannya tidak baik.Jangan pernah melawan pendeta atau gembala, berarti kita melawan Tuhan," tegasnya Pdt.Alex Halomoan Marbun, Ketua Konference DKI Jakarta & sekitarnya pada khotbah membuka acara sosialisasi program kerja tahun 2019 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) yang diikuti sekitar 175 gereja (departemen, majelis, dan para ketua jemaat) bertempat di GMAHK, Salemba, Jakarta Pusat, Minggu (16/12/2018).

"Saya tidak pernah mau menghina gembalanya.Tuhan akan jadi lawan saya.Oleh karena itu sekali lagi saya tegaskan, jangan menghina pendeta," katanya lagi dalam khotbah berjudul "Mengapa Kita Setia dan Percaya Kepada Nabi Allah".

Pdt.AH.Marbun, pada kesempatan tersebut menyampaikan  delapan (8) alasan mengapa kita setia dan percaya kepada nabi Allah. "Pada alasan yang terakhir atau point kedelapan, Allah menjadi lawan mereka yang menghina nabi-Nya (2 Tawarikh 36:16).Membaca pesan nabi tiap hari, dan bila kita mengabaikannya, itu berarti kita menghina nabi-Nya, sama dengan menghina Allah.Pesan nabi-Nya selalu benar," ujarnya.

Ia lalu mengutip tulisan Roh Nubuat (EGW) dalam GW 352 "Pekerjaan Tuhan di atas bumi tidak pernah akan terselesaikan, hingga laki-laki dan perempuan yang terdapat di dalam keanggotaan  jemaat kita bekerja bersama-sama, dan menyatukan upaya mereka dengan para pendeta dan para penatua jemaat".

Sementara itu menjelaskan mengenai strategi penginjilan tahun 2019 mendatang, Pdt.AH.Marbun, Ketua Konference DKI Jakarta & sekitarnya, menyatakan  Unit Kerja Sekolah Sabat (UKSS) di gereja akan menjadi Care Group/KPA .

"UKSS akan menjadi Care Group/KPA  di luar gereja.Bertemu di luar bukan hari Sabat, misalnya Minggu sampai Jumat, harus ada tamu non advent 2 atau 3 orang.Konference akan memberikan bantuan dana Rp 400 ribu per kuartal," jelasnya.

Dikatakannya lagi, semua departemen di gereja, harus terlibat dalam UKSS.Misalnya, anggota Departemen BWA, harus ada di UKSS.

"Bahkan semua departemen bisa menjadi UKSS dengan membuat Care Group/KPA di luar gereja.Jangan berpikir untuk dibaptis, tetapi jiwa itu terus didoakan.Misalnya, ada tamu non advent 7 orang, biasanya ada 4 orang yang serius.Ajak mereka untuk senam pagi bersama, atau mengikuti kegiatan memasak makanan sehat atau vegetaris," ucapnya.

Sementara itu Pdt.Binner Silalahi, Direktur SS/PP/Pelmas Konference DKI Jakarta dan sekitarnya mengatakan mulai tahun 2019 strategi penginjilan kita akan berbasis pada UKSS.

"Mulai tahun 2019, dan seterusnya,  penginjilan berbasis pada UKSS.Karena jumlah UKSS ternyata lebih besar dari jumlah Care Group/KPA ," jelasnya.

Menurutnya, ada empat program UKSS yaitu 1) belajar Firman Tuhan (diskusi sekolah sabat) 2) fellowship(bagaimana pemeliharaan/NDR), 3) community outrech, 4) world mision.

"UKSS itu milik gereja, bukan milik Departemen Sekolah Sabat.Jadi UKSS milik  semua anggota jemaat.Oleh karena UKSS milik gereja, semua departemen harus beri support untuk UKSS," pesannya.

Pdt.Binner Silalahi menjelaskan lagi, kita harus melakukan program 3 M (mengkoordinir, melatih, dam menolong).

"Di gereja nanti akan diadakan pelatihan.Siapa yang melakukan pelatihan.Bisa konference, pendeta, dan tua-tua jemaat.Seorang Ketua Jemaat itu jangan hanya nama doang, harus mendukung penginjilan.Jangan kita dipilih jadi Ketua Jemaat, tetapi tidak mendukung misi penginjilan.Jangan pilih Ketua Jemaat yang tidak mendukung penginjilan, sesibuk apapun dirinya, harus mendukung penginjilan," tegasnya.

Ditambahkannya lagi, 5 M yang perlu diingat yakni 1) melalui penginjilan terintegrasi oleh semua departemen, 2) melakukan program 3 M berbasiskan metoda Yesus (menuliskan 7 nama, mendoakan, membaur atau bergaul, menunjukkan simpati, melayani kebutuhannya, memenangkan keyakinan, serta mengajak untuk mengikut Yesus, 3) membuat kelompok peduli atau pendalaman Alkitab yang berbasis pada UKSS, 4) membuat pelatihan, dan 5) melakukan supervisi dan evaluasi.

"Ayat komitmen penginjilan untuk tahun 2019 terdapat dalam Kolose 3: 23 yang berkata, "Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan, dan bukan untuk manusia,"pungkasnya.

Pdt.Ketler Sagala, Direktur NDR Konference DKI Jakarta & sekitarnya, menyatakan saat ini memang jumlah gereja bertumbuh, namun jumlah anggota tetap.

"Bagaimana menutup pintu belakang, supaya orang yang dibaptis dari pintu depan, tidak menghilang dari pintu belakang.Ini tugas Departemen NDR. Semisal, dari 175gereja advent yang telah diorganisir, sampai tahun 2017 jumlah anggota yang terdaftar di gereja sebanyak 32.008 orang, sedangkan yang terdaftar di Konference sebanyak 40.556 orang," jelasnya.

Sagala mengatakan lagi, tujuan Allah mendirikan sidang-Nya yaitu sidang Allah , alat yang ditentukan Allah untuk keselamatan manusia.Sidang itu diorganisasi untuk pelayanan, dan tugasnya adalah menyampaikan Injil ke seluruh dunia.

"Oleh karena itu pentingnya faktor pendukung untuk mempertahankan anggota gereja.Satu system dukungan Kristiani yang teruji sepanjang masa ialah kelompok kecil.Tidak ada anggota majelis yang tidak terlibat di kelompok kecil.Penginjilan berbasis UKSS itu sangat baik," katanya seraya menambahkan untuk tahun 2019 ini target baptisan sebanyak 2000 orang.(Bro-2)

Editor : Lasman Simanjuntak

2 komentar:

  1. Betul sekali, jgn melawan dgn pendeta yg sdh jd setan, yg harus dilawan adalah pendeta yg mengaku2 sbg wakil Tuhan, kalau ada pendeta yg mengaku sbg utusan Tuhan atau nabi itu adalah nabi palsu yg harus dilawan, JANGAN TAKUT MELAWAN GEROMBOLAN ULAR BELUDAK YG MENGAKU2 SBG UTUSAN TUHAN, MRK HANYA ORG BIASA YG MAU MENCARI KEHORMATAN DIATAS BERBAGAI KEPENTINGAN DAN BAGI DIRI MRK SENDIRI. Bisa jadi mrk adalah binatang buas bertanduk dua seperti anak domba yg bersuara naga, itulah ciri2 mrk yg tdk perlu kau takuti, ketakutan itu virus yg mrk sebarkan untuk menghipnotis jemaah agar tunduk dan patuh kpd mrk, ketakutan itu sendiri sesungguhnya milik mrk.

    BalasHapus