Kamis, 21 Mei 2020

Bercocok Tanam di Lahan Pekarangan untuk Kebutuhan Pangan Sendiri Sebagai Dampak Covid-19

Pamulang,BeritaRayaOnline,- Sesuai dengan himbauan pemerintah cq Kementerian Pertanian yaitu melalui Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi beberapa waktu lalu dalam menghadapi distribusi pangan sebagai danpak dari Covid-19 yang belum juga berakhir sampai Kamis (21/5/2020).

BKP Kementan menghimbau agar masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumah (lahan terbatas) untuk menanam kebutuhan pangan sendiri seperti bercocok tanam cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, sayur-sayuran,  ketela, ubi, singkong dan masih banyak lagi.

Salah satu warga Pamulang  yaituLasman Simanjuntak, Flora Kolondam, dan Eykel Lasflorest Simanjuntak yang bermukim di Perum Pamulang Permai I, sejak sebulan ini telah memulai memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk kebutuhan pangan sendiri sehubungan dengan wabah virus corona yang makin berkepanjangan.

"Saya sudah menanam bibit cabai, tomat, bayam hijau,buncis, bayam merah, jagung manis, caisim, seledri, sawi, kangkung, singkong, ubi kayu, mentimun, dan masih banyak lagi.Selain bibit disebar di lahan pekarangan rumah, juga saya menanam mempergunakan polyback dan pot, serta pupuk, kandang " jelas Lasman Simanjuntak yang sehari-harinya berprofesi sebagai jurnalis on line ketika ditemui BeritaRayaOnline dikediamannya di kawasan Pamulang Permai I, Kota Tangerang Selatan, Kamis sore (21/5/2020).

"Bahkan bersama anak saya, sudah seminggu ini kami juga beternak ikan seperti ikan mas, sepat, dan rencananya ikan gurame, dannikan nila, juga memanfaatkan di lahan pekarangan," jelasnya.

Untuk mendapatkan bibit tanaman sayur yang berkualitas-selain membeli di penjual tanaman - bapak satu anak ini juga mendapat bantuan bibit sayuran baik dari Balai Penelitian Teknologi Pertanian (BPTP) , Balitbang Kementan di Pasar Minggu Jakarta Selatan, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Suku Dinas Pertanian Kodya Jakarta Selatan di kawasan Ragunan, serta Kementerian Pertanian.

"Tiga bulan ke depan saya sudah bisa panen.Selain untuk kebutuhan pangan sendiri, barangkali pada saat panen saya bisa berbagi dengan saudara-saudara kita yang terimbas Covid-19 ini," ucap Eykel Simanjuntak (27 tahun) petani milenial dari Pamulang ini. 

"Sampai hari ini saya masih butuh bantuan bibit kacang tanah, kentang, kol, bawang merah, selada bawang putih, jahe,  dan wortel," pinta Lasman Simanjuntak sambil menitipkan nomer HPnya 0857 40261576 ( */Bro-1)

Editor : Jhonnie Castro

1 komentar: