Rabu, 12 Juli 2017

Tujuh Khasiat Kunyit Telah Diakui Internasional

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Artikel kali ini merupakan lanjutan dari seri manfaat kunyit sebelumnya yang menjelaskan tentang manfaat kunyit sebagai antikanker. Disini akan disinggung lagi manfaat kunyit yang bekerja dalam menjaga kesehatan tubuh manusia.


Kunyit memiliki senyawa kurkumin yang berperan sebagai antioksidan kuat. Senyawa kurkumin inilah yang menjadi kunci utama khasiat kunyit dalam tubuh manusia. Musuh utama antioksidan kuat yakni radikal bebas yang mampu membuay membran mengalami kerusakan sel, kerusakan DNA, dan bahkan menyebabkan kematian sel. Dalam perlawananannya melawan radikal bebas, Antioksidan dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh radikal bebas dalam tubuh dan mencegah terjadinya kerusakan yang lebih lanjut.


Selain itu, Manfaat kunyit dalam upayanya menjaga kesehatan tubuh yang tidak kalah luar biasa adalah sebagai berikut :

Gangguan Pencernaan (Dispepsia)

Kurkumin merangsang kandung empedu untuk memproduksi empedu, yang beberapa orang berpikir dapat membantu meningkatkan pencernaan. Komisi E Jerman, yang menentukan herbal dapat dengan aman diresepkan di Jerman, telah menyetujui kunyit untuk masalah pencernaan. Dan satu studi dengan menggunakan placebo terkontrol menemukan bahwa kunyit dapat mengurangi gejala kembung dan gas pada orang yang menderita gangguan pencernaan.



Kronis Saluran Pencernaan (Kolitis ulseratif)
Kunyit dapat membantu orang dengan kolitis ulserativa. Kolitis adalah penyakit kronis pada saluran pencernaan di mana gejala cenderung datang dan pergi. Dalam satu studi placebo-controlled, orang-orang yang kulitis ulseratif yang masih dalam pengobatan mengambil baik kurkumin atau plasebo, bersama dengan pengobatan medis konvensional selama 6 bulan. Mereka yang mengambil kurkumin memiliki tingkat keseringan kambuh jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang mengambil plasebo.

Maag
Kunyit tampaknya tidak membantu mengobati sakit maag. Bahkan, ada beberapa bukti bahwa hal itu dapat meningkatkan asam lambung, membuat borok yang ada buruk. Manfaat kunyit ini sama seperti manfaat temulawak yang terkenal di Indonesia sebagai obat maag herbal. 


Osteoarthritis
Karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan, para peneliti bertanya-tanya apakah kunyit dapat membantu meringankan nyeri osteoarthritis. Satu studi menemukan bahwa orang yang menggunakan formula Ayurvedic herbal dan mineral dengan kunyit, winter cherry (Withinia somnifera), boswellia (Boswellia serrata), dan seng mengalami sedikit rasa sakit dan cacat.

Penyakit Jantung
Studi awal menunjukkan bahwa khasiat kunyit dapat membantu mencegah aterosklerosis, penumpukan plak yang dapat memblokir arteri dan menyebabkan serangan jantung atau stroke. Dalam penelitian hewan, ekstrak kunyit menurunkan kadar kolesterol LDL dan tumpukan kolesterol buruk di pembuluh darah. Selain dapat mengatasi darah yang menggumpal bersama-sama, kunyit juga dapat mencegah pembekuan darah dari penggumpalan sepanjang dinding arteri. 

Bakteri dan virus Infeksi
Uji tabung dan studi hewan menunjukkan khasiat kunyit juga dapat memperngaruhi pertumbugan bakteri dan virus. Peneliti Mason baru menemukan bahwa kurkumin yang ditemukan dalam kunyit, menghentikan potensi mematikan Rift Valley Fever virus berkembang biak dalam sel yang terinfeksi. Pernyataan ini dikemukakan oleh Aarthi Narayanan, peneliti utama pada studi baru dan asisten professor penelitian dengan Pusat Nasional Mason untuk Biodefense dan Penyakit Menular. Nyamuk Rift Valley Fever virus (RVF) adalah, akut demam penyebab virus yang mempengaruhi hewan domestik seperti sapi, domba dan kambing, serta manusia.
Radanga Mata (Uveitis)
Sebuah studi pendahuluan menunjukkan kurkumin dapat membantu mengobati uveitis, peradangan pada iris di mata. Dalam salah satu penelitian terhadap 32 orang dengan uveitis anterior kronis, kurkumin efektif sebagai kortikosteroid, jenis obat yang biasanya diresepkan. Penelitian lebih lanjut diperlukan.

Sumber :
http://www.umm.edu
 
(Bro-7)
Editor : Eykel


Tidak ada komentar:

Posting Komentar