Senin, 01 Januari 2018

Tahun 2018, Saatnya Kita Dengar Suara Tuhan

Syalom……

Renungan Firman Tuhan hari ini berjudul

“Tahun 2018,  Saatnya Kita Dengar Suara Tuhan”

Oleh  : Pulo Lasman Simanjuntak

Saudara yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus…………

Pada hari ini ini (Selasa, 2/1/2018) dengan tuntunan Roh Kudus, mari kita membaca Mazmur 29 : 3-9  “ Suara Tuhan di atas air , Allah yang mulia mengguntur, Tuhan di atas air yang besar.Suara Tuhan penuh kekuatan, suara Tuhan penuh semarak.Suara Tuhan mematahkan pohon aras, bahkan Tuhan menumbangkan pohon aras Libanon.Ia membuat gunung Libanon melompat-lompat seperti anak lembu, dan gunung Siryon seperti anak banteng.Suara Tuhan menyemburkan nyala api.Suara Tuhan membuat padang gurun gemetar, Tuhan membuat padang gurun Kadesh gemetar.Suara Tuhan membuat beranak rusa betina yang mengandung, bahkan hutan digundulinya, dan di dalam bait-Nya setiap orang berseru :Hormat!”

Ya, suara Tuhan akan terus-bahkan wajib dan harus di’amin’-kan-  kita dengar sepanjang tahun 2018 ini.Sebab, kata Raja Daud suara Tuhan itu penuh kekuatan, penuh semarak, dapat mematahkan pohon aras, dan menyemburkan nyala api.Dasyat.Suara Tuhan membuat padang gurun gemetar, membuat beranak rusa betina yang mengandung. Luar biasa!

Berkat apa yang akan kita peroleh bila mendengar suara Tuhan. Berkat : berbahagia ! baik dalam rumah tangga, kesehatan, pekerjaan, pendidikan, dan sebagainya.”Harinya yang berikut inilah yang telah kuperintahkan kepada mereka : Dengarlah suara-Ku, maka Aku akan menjadi Allahmu, dan kamu akan menjadi umatKu dan ikutilah seluruh jalan yang kuperintahkan kepadamu, supaya KAMU BERBAHAGIA ” ( Yeremia 7 :23).

Berkat lain  akan kita peroleh bila setia mendengar suara Tuhan. Berkat : tidak akan miskin, baik miskin secara jasmani maupun miskin secara rohani ! “Maka tidak akan ada orang miskin diantaramu, sebab sungguh Tuhan akan memberkati engkau di negeri yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu untuk menjadi milik pusaka , asal saja engkau mendengarkan baik-baik suara Tuhan , Allahmu, dan melakukan dengan setia segenap perintah yang kusampaikan  kepadamu hari ini” (Ulangan 15: 4-5)

Dengan roh rendah hati mari kita menghadap mezbah Tuhan dengan membuka hati, pikiran, dan telinga kita untuk terus menerus-tak putus-putusnya- untuk mendengar Suara Tuhan hanya melalui kitab suci yaitu Injil/Alkitab.

Seperti kita lapar (jasmani) kalau tak  makan tiga kali sehari, kita juga akan menjadi lapar (rohani)  bila tak mendengar suara Tuhan melalui Firman-Nya yang ada di Injil/Alkitab.

"Sesungguhnya waktu akan datang, demikian firman Tuhan Allah, Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman Tuhan.Mereka akan mengembara dari laut ke laut, dan menjelajah dari utara ke timur, untuk mencari Firman Tuhan, tetapi tidak mendapatnya.” (Amos 8: 11-12)

Berikut adalah ayat-ayat Firman Tuhan mengenai Injil/Alkitab yang dapat kita baca setiap hari sepanjang tahun 2018, baik bacaan Alkitab Tahunan, maupun Alkitab Personal (Pribadi).Minta tuntunan Roh Kudus sebelum kita membaca Injil/Alkitab sehingga Tuhan akan memberikan kita akal budi, hikmat Allah, dan roh rendah hati.

Setelah itu jadilah pelaku firman, bukan hanya jadi pendengar saja untuk kemudian membagikan berkat itu dalam misi penginjilan khususnya untuk orang-orang yang belum menerima Yesus Kristus dan kebenaran-Nya.”Tetapi hendaklah  kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja, sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri ” (Yakobus 1 : 22)

*iman timbul dari pendengaran, pendengaran oleh Firman Kristus ( Roma 10:17)

* segala sesuatu kulakukan karena Injil (1 Korintus 9:23)

*perkataan Tuhan tidak akan berlalu (Markus 13:31)

*firman Allah tetap selama-lamanya, tak bisa dihancurkan (Yesaya 40:8)

*firman Allah akan digenapi (Yehezkiel 12 : 25,28,  2 Petrus 3: 9, Yeremia 29 : 11)

*firman Tuhan hidup dan kuat, lebih tajam daripada pedang bermata dua (Ibrani 4:12)

*perintah Tuhan untuk membaca Injil/Alkitab (1Timotius 4:13)

*harus sejak kanak-kanak/kecil baca Injil/Alkitab ( 2 Timotius 3:15)

*perumpamaan tentang menabur firman (Matius 13:1-9,18-23)

*setiap hari menyelidiki kitab suci, sehingga jadi percaya (Kisah rasul 17: 11-12)

*jika kita mengasihi Yesus , kita akan mengikuti firman-Nya(Yohanes 14: 23-24)

*mendengar firman Allah dan memeliharanya (Lukas 11:28)

*kita harus percaya kepada kitab suci (Yoh 2:22)

*teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari kitab suci (Roma 15:4)


Atau baca tentang Injil/Alkitab dalam Yohanes 17:17, 2 Petrus 1 :19-21, 2 Timotius 3 :16, Yesaya 46 :9,10, Mazmur 40:8, 1 Tesalonika 2 : 13, Matius 4:4, Matius 5 : 6, Lukas 8 :1, Matius 7 : 24-27, Daniel 9:10, 2 Petrus 1:19, 1Raja-Raja 17 :24, Mazmur 19:8-12.

Biarlah Firman Tuhan hari ini akan menjadi Berkat dan Kemuliaan bagi nama Tuhan kita Yesus Kristus.Amin.Haleluya. Tuhan memberkati.

Puskesmas Pamulang, Lantai II, Selasa 2 Januari 2018 pukul 11.45 WIB

Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar