Selasa, 13 Maret 2018

Kebaktian Care Group Kp.Melayu Jakarta Timur

Berita Penginjilan :

"Kebaktian Care Group 'Imanuel' Camp 160 Kp.Melayu"

Jakarta,Jatinegara,-"Baptisan dan Hari Sabat itu 'bersaudara', tak boleh dipisahkan," pesan Pdt.MF.Sinurat, Gembala Jemaat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Jatinegara pada acara Kebaktian Care Group "Imanuel" Kp.Melayu, Jakarta Timur , pada Senin malam (12/3/2018).Hadir pada Kebaktian Kelompok KPA Kp.Melayu di rumah Raymon Hursina yang sudah berlangsung hampir 1,5 tahun ini sebanyak 4 orang tamu/sahabat rohani 'Non Advent' yakni Daud Pasaribu, Jason Pasaribu, Onni Korompis-Kolondam, dan Nia.

Pada acara care group tsb-yang jug dihadiri jemaat Jatinegara-Pdt.MF.Sinurat kembali melanjutkn tentang pelajaran Teladan Yesus : Sabat (kutipan buku modul kelompok peduli Bab 12 pad halaman 121-128).

"Dalam melaksanakan ibadah yang benar, kita tak hanya mendengar apa kata para pengkhotbah saja, tetapi kembali kepada apa kata Alkitab.Ibarat perumpamaan ikan mati pasti terbawa arus, sedangkan ikan hidup selalu melawan arus.Dalam Matius 28:1 jelas dinyatakan bahwa Yesus Kristus bangkit pada hari Minggu atau pada hari pertama,"katanya.

Pdt.MF.Sinurat yang didampingi Lasman Simanjuntak, Ketua Jemaat GMAHK Jatinegara bertindak sebagai Protokol Acara, lalu memberikan contoh bagaimana Tuhan kita Yesus Kristus beribadah pada hari Sabat (hari Sabtu-red) seperti tertulis dalam Lukas 4:16 " Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaanNya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca Alkitab".

"Jelas apa kata Alkitab dalam Lukas 4:16 bahwa Yesus pada hari Sabat (Sabtu) datang ke rumah ibadat, kalau sekarang adalah gereja, lalu membaca Alkitab..Apakah kita mau mengikuti Yesus Kristus yakni beribadah ke gereja  pada hari Sabat," tanya Pdt.MF.Sinurat kepada anggota care group Kp.Melayu.

Dalam Alkitab juga tertulis bahwa Yesus adalah Tuhan atas hari Sabat (Matius 12:8 dan Markus 2:27-28), dan hari Sabat juga dipelihara di Surga (Yesaya 66: 22-23).

Bahkan dalam khotbahnya Pdt.MF.Sinurat juga menyatakan Para Rasul juga beribadah pada hari Sabat seperti tertulis dalam Kisah Rasul 17:2 " Seperti biasa Paulus masuk ke rumah ibadat itu.Tiga hari Sabat berturut-turut ia membicarakan dengan mereka bagian-bagian dari Kitab Suci".

" Dalam Kisah Rasul 13:44 tertulis 'pad hari Sabat berikutnya,datanglah hampir seluruh kota itu berkumpul untuk mendengar Firman Allah," tegasnya.

Dalam Alkitab banyak lagi yang menyatakan bahwa para Rasul beribadah pada hari Sabat (Sabtu) seperti tertulis dalam Kisah Rasul 13:14,  Kisah Rasul 18:4, dan Kisah Rasul 13:42-44.

Pada kesempatan tersebut Pdt.MF.Sinurat yang juga didampingi ibu Pendeta Sinurat (Flora Lingga) melanjutkan pelajaran tentang teladan Yesus :Baptisan (kutipan dari buku modul.kelompok.peduli Bab 13 pada halaman 130-131).

"Dalam Alkitab di Yohanes 3:1-21 tentang percakapan Yesus dengan Nikodemus, seorang pemelihara hari Sabat yang tak percaya Yesus, pada akhirnya tiga tahun kemudian setelah Yesus disalibkan, bertobat menerima Yesus dan kebenaranNya.melalui suatu Baptisan Kudus.Bahkan dalam Alkitab juga tertulis Yesus dibaptis secara 'selam' oleh Yohanes Pembaptis  seperti tertulis dalam Matius 3:13-17," jelasnya.

Dijelaskan lagi ada beberapa cara baptisan yang dilaksanakan beberapa denominasi gereja seperti dibaptis memakai bendera, memakai api, atau baptis dengan percikan, dan sebagainya.Namun, dalam Alkitab jelas tertulis Yesus dibaptis secara 'selam' (baptiso=diselamkan-red) seperti tertulis dalam Matius 3: 16 "Sesudah dibaptis,Yesus segera keluar dari air, dan pada waktu itu juga lagi terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya".Bahkan dalam Alkitab juga tertulis siapa yang percaya dan dibaptis (Matius 16:16).

Dalam aplikasi Teladan Yesus : Baptisa  disebutkan antara lain hanya ada satu baptisan menurut teladan Yesus yaitu diselamkan di tempat yang banyak airnya, serta apabila kita dibaptiskan, maka kita mati dari kehidupan dosa kita dan dibangkitkan dengan kehidupan yang sudah diperbaharui oleh Yesus.

" Setelah mempelajari malam ini (Senin  12/3/2018) tentang baptisan yang benar menurut Yesus, dan setelah mempelajari 13 pelajaran yang telah berlalu (makanan  haram, persepuluhan, perjamuan kudus, hari Sabat, dan sebagainya).maukah saudara dan saudari mengambil keputusan untuk menerima Yesus sebagai juruselamat pribadimu melalui teladan baptisan yang Yesus ajarkan? Tuhan tak memaksa, pilihan ada di tangan kita untuk sungguh-sungguh bertobat menerima Yesus Kristus dan kebenaranNya," pesan Lasman Simanjuntak, dalam menutup acara dialog dan tanya jawab dengan anggota care group Kp.Melayu.

Acara kebaktian dilanjutkan dengan doa syafaat, dan doa tutup oleh Flora S (Pemimpin Diakoness), serta ramah tamah.

Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar