Sabtu, 02 Desember 2017

Tugas dan Tanggungjawab Ketua Jemaat Dikutip dari Peraturan Jemaat/2017

Berikut adalah tugas Ketua Jemaat dikutip dari buku "Peraturan Jemaat" (Edisi ke 19/tahun 2017-terakhir--halaman 95-101) ;
 
Oleh  : Lasman Simanjuntak/Ketua Sidang GMAHK Jatinegara periode 2018

1.Para Ketua Jemaat harus dikenal oleh jemaat sebagai pemimpin rohani yang kuat dan harus memiliki reputasi yang baik di jemaat maupun dimasyarakat.

2. Bila Pendeta tak ada, ketua adalah pemimpin rohani jemaat

3.Melalui AJARAN  dan TELADANNYA  harus terus menerus berusaha memimpin jemaat menuju pengalaman Kristen yang lebih dalam dan penuh.

4. Ketua Jemaat harus sanggup memimpin acara-acara gereja (tambahan: Ketua Jemaat BErTANGGUNGJAWAB untuk acara-acara jemaat dan harus melaksanakannya atau mengatur orang lain untuk melaksanakannya-red)  Jadi, Ketua Jemaat harus siap melayani dalam FIRMAN dan DOKTRIN.

5. Ketua Jemaat tak boleh dipilih hanya karena KEDUDUKAN SOSIAL, atau karena dia PANDAI BICARA , melainkan karena KEHIDUPAN YANG BERSERAH dan kesanggupan memimpin.

6. Ketua Jemaat adalah "pembantu" pendeta, harus bekerja bersama-sama secara HARMONIS

7. Tugas PENGGEMBALAAN di jemaat harus dibagi antara pendeta dan ketua.Dengan nasihat Pendeta, Ketua Jemaat harus membantu dalam tugas-tugas kependetaan ,termasuk MELAWAT anggota-anggota jemaat, MELAYANI ORANG SAKIT , MENGATUR DAN MEMIMPIN upacara pemberkatan dan penyerahan bayi, MENGUATKAN MEREKA YANG KECEWA, serta membantu dalam tanggungjawab penggembalaan lainnya.

8.Sebagai pembantu Gembala, Ketua Jemaat harus terus menerus MEMPERHATIKAN kawanan dombanya.

9. Tugas Ketua Jemaat dalam upacara pernikahan adalah ; seorang Ketua Jemaat boleh menyampaikan Khotbah, melayangkan Doan, dan mengucapkan berkat.

10.Ketua Jemaat MENYOKONG PERPULUHAN --oleh mengembalikan perpuluhan dengan setia, ketua dapat melakukan banyak hal untuk mendorong anggota-anggota jemaat UNTUK SETIA mengembalikan persepuluhan. Para Ketua jemaat dapat membantu meningkatkan persepuluhan dengan mengajar orang banyak akan TANGGUNGJAWAB PENATALAYANAN secara ALKITABIAH dan juga melalui usaha pribadi dengan anggota dalam cara yang bijaksana dan menolong. Ketua harus memperlakukan semua hal yang berhubungan dengan keuangan anggota jemaat sebagai SUATU RAHASIA dan tidak boleh memberi informasi yang tak berwenang.
Ketua jemaat harus memberitahu tentang semua PERSEMBAHAN KHUSUS dan PERSEMBAHAN RUTIN. Ketua Jemaat HARUS BEKERJA SAMA SECARA ERATdengan bendahara jemaat dan memperhatikan semua dana konference di setiap akhir bulan.

11.Ketua Jemaat MENYOKONG PENDALAMAN ALKITAB , BERDOA, dan HUBUNGAN DENGAN YESUS.Sebagai pemimpin rohani, para ketua BERTANGGUNGJAWAB untuk mendorong anggota-anggota jemaat memperkembangkan hubungan dengan Yesus oleh memperkuat kebiasaan mereka DALAM MEMPELAJARI ALKITAB  dan DOA pribadi (catatan: pendalaman terus tentang apa itu BERDOA??---TERUSKAN doa X  ).

12. Ketua harus MEMBERI PERHATIAN KHUSUS dalam mengawasi apakah laporan sekretaris jemaat dikirimkan dengan segera kepada sekretaris konferens pada tiap triwulan.


12.Menyokong semua bidang pelayanan. Di bawah pimpinan dan kerjasama dengan pendeta, PARA KETUA ADALAH PEMIMPIN ROHANI JEMAAT dan BERTANGGUNGJAWAB menyokong SEMUA DEPARTEMEN dan AKTIVITAS PEKERJAAN . Ketua jemaat harus menjaga agar tetap ada hubungan yang SALING MENOLONG
  dengan para pengurus jemaat lainnya.

13. Bekerjasama dengan konferens---Pendeta, ketua jemaat, dan semua pegawai jemaat, HARUS BEKERJASAMA dengan pimpinan konferens dan para direktur departemen dalam menjalankan semua rencana yang disetujui.Mendukung RENCANA-RENCANA dan ATURAN-ATURAN konferens.Harus mempromosikan SEMUA PROGRAM dan KEGIATAN JEMAAT .Ketua harus menganggap  penting semua surat dari konferens.Surat yang perlu diumumkan kepada jemaat harus dibawakan pada waktu yang tepat. Bila pendeta tak ada , ketua harus melihat bahwa utusan ke rapat umum konferenc telah dipilih dan apakah sekretaris jemaat telah mengirim nama-nama para utusan ke kantor konference.

14. Membantu perkembangan pekerjaan sedunia----Ketua Jemaat juga harus membantu PEKERJAAN MISI SEDUNIA, dengan mempelajari pekerjaan sedunia itu dengan seksama dan menyampaikan keperluan tersebut kepada jemaat.Ketua jemaat HARUS MENDORONG anggota untuk IKUT serta menyokong dan bekerja secara pribadi untuk MISI ini.

15.Sikap baik dan kecakapan Ketua Jemaat akan sangat berarti dalam  mendorong sikap MEMBERI dari para anggota jemaat baik dalam acara kebaktian jemaat maupun dalam acara Sekolah Sabat.


3 komentar:

  1. Terimakasih pak Lasman Simanjuntak/Ketua Sidang GMAHK Jatinegara periode 2018

    Tulisan elektronik ini sangat membantu dalam hal Copy paste Tupoksi seorang Ketua Jemaat di samping membaca langsung dari buku "Peraturan Jemaat" langsung.

    Sekali lagi terimakasih.

    BalasHapus
  2. Bagai mana memberi motivasi kalau anggota jemaat jarang datang beribadah

    BalasHapus
  3. Syalom selamat siang saya Ferry dari Jemaat Tanjung ANom, ingin bertanya apakah boleh seorang kepala sekolah menjadi ketua jemaat?
    terimakasih

    BalasHapus