Minggu, 02 Oktober 2022

14 Tahun Ikut Mendirikan Suratkabar DIALOG di Jakarta

14 Tahun Ikut Mendirikan Suratkabar DIALOG di Jakarta
17 September 1999-17 September 2022
 Jakarta, BeritaRayaOnline,-Pada sekitar bln Juli dan Agustus 1999 (pasca kejatuhan rezim Orde Baru)  bersama dua orang kawan wartawan eks Harian Umum
MANDALA (Koran Bandung pada perwakilan di Jakarta) seperti James Tobing dan Hendry Edward Tampubolon

Saya mendatangi -seorang diri -ke Departemen Penerangan (saat itu-red)  di Jln.Merdeka Barat Jakarta Pusat untuk mencari informasi apakah betul untuk menerbitkan sebuah surat kabar (media cetak) tanpa harus memakai SIUPP (Surat Izin Usaha Penerbitan Pers).

Akhirnya saya memperoleh informasi bahwa sejak dibukanya "Era Kebebasan Pers" (oleh Presiden Habibie tahun 1999) untuk mendirikan media cetak ( suratkabar atau majalah) tanpa harus disertai SIUPP.

Maka, pada hari Jumat tanggal 17 September 1999 ( di bawah bendera PT. ARAH MEDIALOG  PEMBANGUNAN)  terbitlah untuk pertama kalinya Suratkabar DIALOG yang beralamat redaksi di Jalan Binawarga, Kalibata, Jakarta Selatan.

Pada saat penerbitan edisi.perdana itu saya menjabat sebagai Redaktur Pelaksana (Redpel-lihat boks redaksi-red). Selain itu membantu juga untuk penyebaran (sirkulasi) koran melalui agen-agen koran di Jakarta (agency).

Pada akhirnya selama 14 tahun ( 17 September 1999- Maret 2013) saya harus MENGUNDURKAN DIRI sebagai Redaktur Pelaksana Suratkabar DIALOG.

Hal ini saya lakukan karena dunia pers telah "beralih" dari media cetak ke media digital (media on line).

Semula saya sebagai Pemimpin Redaksi website emaritim.com yang fokus pada pemberitaan kemaritiman dan pelayaran (didirikan bersama beberapa orang perwira laut  atau kapten kapal alumni AIP/STIP) yang berkantor redaksi di kawasan perkantoran Bekasi Barat.

Kemudian saya mendirikan website beritarayaonline.co.id dan myberitaraya.blogspot.com dengan jabatan Pemimpin Redaksi (2013- 2022-sampai sekarang) yang berkantor redaksi di kawasan Pamulang, Kota Tangerang Selatan.

Saya sendiri memulai karir sebagai wartawan (reporter) pada bln Desember 1981 di Majalah VARIA NADA dan ANEKA RIA, SKM.ANGKATAN BARU, Majalah INFO, CARAKA, SPIONITA, MONALISA, HARIAN UMUM SINAR PAGI, HARIAN UMUM MANDALA, dan SURATKABAR DIALOG.

Namun, sewaktu masih duduk di bangku SMA dan kuliah di Sekolah Tinggi Publisistik (STP/IISIP) saya telah merintis sebagai reporter 'free lance' (1980-1984)  untuk Majalah KELUARGA dan HU.MERDEKA MINGGU  (group Merdeka-BM Diah-red), Berita Yudha Minggu (Yudha Minggu Sport dan Film/YMSF) dan Suara Karya Minggu (SKM) yang kebetulan kantor redaksinya saat itu "diseberang" rumah orangtua saya di Jln.Bangka Raya (Gedung AKA) Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Salam Pers Indonesia

Pamulang, Senin, 3 Oktober 2022

(Pulo Lasman Simanjuntak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar