Senin, 16 Maret 2020

Pdt.B.Silalahi : Sebagai Orang Kristen, Kita Harus Hidup Seperti Kristus Yesus

Jatinegara,Senin, 16 Maret 2020,- Jemaat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Jatinegara pada Sabat (Sabtu, 14 Maret 2020) kedatangan tamu Pdt.Biner Silalahi, Direktur SS/PP/Pelmas Konference DKI Jakarta & sekitarnya.

Pdt.Biner Silalahi menyampaikan khotbah berjudul " Growing In Christ" (Bertumbuh di Dalam Kristus Yesus) dengan ayat bersahutan 1 Petrus 2 : 1-5 dan ayat inti Efesus 4 : 15.

"Sebagai orang kristen kita harus hidup seperti Kristus.Kita harus memastikan bahwa kita sedang bertumbuh semakin menjadi seperti Yesus," katanya.

Pada khotbahnya tersebut, Pdt.Biner Silalahi menjelaskan arti bertumbuh dengan ilustrasi  bertumbuh ialah bertambah besar dan berkembang menjadi sempurna.

"Bertumbuh itu seperti perkembangan atau tumbuh kembang anak yang mulai merangkak, berjalan, memasuki usia remaja sampai usia dewasa dan tua.Kalau perkembangan seorang anak itu hanya merangkak dan merangkak saja, itu berarti tak ada pertumbuhan," ujarnya seraya mengutip Efesus 4 : 15 "tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus yang adalah Kepala".

Bagaimana dengan tabiat Yesus Kristus yaitu 1) mengasihi , ramah dan saling mengampuni( Efesus 4:32), 1) lemah lembut dan rendah hati (Matius 11: 29), 3) sabar dan rela berkorban (Yesaya 53:7),4) cinta persatuan (Yohanes 17:21), dan 6) gemar berdoa semalaman (Lukas 6:12).

"Oleh karena itu wajib kita hidup  seperti Kristus Yesus," selanya kembali mengutip 1 Yohanes 2: 6 " Barangsiapa mengatakan bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup".Juga dibacakan Matius 5 :48 " Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna".

Bahkan ia minta supaya kita menjadi orang Kristen yang sejati seperti tertulis dalam 2 Korintus 13 : 5 "Ujilah dirimu, apakah kamu tetap tegak di dalam iman.Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu bahwa Kristus Yesus ada di dalam dirimu?Sebab jika tidak demikian, kamu tidak tahan uji".

Pdt.Biner Silalahi menjelaskan juga mengapa kita harus bertumbuh (Matius7:21-23).
Namun demikian, janganlah kita tidak bertumbuh dalam Kristus Yesus.

Siapa-siapa saja contoh dalam Alkitab yang tidak bertumbuh dalam Kristus Yesus.
1) Yudas Iskariot, makan, tidur, berjalan, dan melayani bersama Yesus, dan bahkan menjadi seorang bendahara."Yudas sudah setia dan terpanggil bersama Yesus.Tetapi pada dasarnya ia tidak bertumbuh, mati bunuh diri.Yudas selalu mementingkan diri dan serakah," kilahnya.

2) Orang muda yang kaya raya (Matius 19 : 16-26) .Anak muda yang kaya ini sudah memanggil nama Yesus, bahkan terbukti secara luar penurut Hukum Allah.Namun, pada dasarnya anak.muda ini tidak bertumbuh, dia pergi meninggalkan Yesus.

Pada bagian ketiga dari khotbahnya, Pdt.Biner Silalahi, menjelaskan juga bagaimana cara memastikan kita brrtumbuh dalam Kristus Yesus.

"Bertumbuh itu dimulai pada saat baptisan.Namun, baptisan itu barulah permulaan.Tabiat kita harus sempurna seperti tabiat Kristus, karena hanya tabiat yang akan kita bawa ke sorga.Tabiat tidak akan diubah lagi, saat kedatangan Yesus yang kedua kali.Saat inila tabiat kita harus diubah.Kita harus menyempurnakan tabiat seperti Kristus," ujarnya.

Disela-sela khotbahnya Pdt.Biner Silalahi yang sering menjadi motivator dalam berbagai seminar serta pelatihan penginjilan ini, menyinggung apa manfaat kita harus menginjil.
Pertama, ada kebahagiaan, inilah kebahagiaan Yesus yaitu bahagia bisa menyaksikan jiwa-jiwa yang tertebus.
Kedua, akan memiliki tabiat seperti Yesus.
Ketiga, agar iman kita bertumbuh."Kehidupan rohani jemaat dapat dipelihara hidup-hidup, ketika anggota-anggota melakukan usaha pribadi dalam memenangkan jiwa," katanya seraya mengutip tulisan Roh Nubuat.
Keempat, akan masuk Kota Allah.Sebab, sebuah gereja yang bekerja adalah gereja yang bertumbuh (GW, 198).

"Sebagai penutup khotbah ini, ujilah dirimu sendiri seperti tertulis dalam 2 Petrus 1 : 5-7.Harus menambahkan iman,kebajikan,pengetahuan, penguasaan diri, ketekunan, dan kesalehan," pungkasnya.

Tuhan memberkati.

(*/Dilaporkan oleh Lasman Simanjuntak, Pemimpin Departemen Komunikasi GMAHK Jatinegara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar